Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mayoritas Petani Kotim Minta Diperhatikan Ketersediaan Pupuk

  • Oleh Naco
  • 10 November 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Darmawati mengungkapkan di wilayah selatan saat ini mayoritas para petani meminta agar ketersediaan pupuk subsidi harus jadi perhatian pemerintah kabupaten.

Ketersediaan itu untuk meningkatkan hasil produksi petani setiap tahun, sehingga perlu dukungan pemerintah kabupaten.

"Dari beberapa tempat yang saya datangi di kawasan selatan, rata-rata permintaan mereka adalah kemudahan dan bantuan pupuk," katanya, Minggu 10 November 2019.

Seperti di Desa Hantipan, Kecamatan Pulau Hanaut. Usulan di sana sama. Petani di Desa Hantipan juga menyampaikan harapan agar diberi kemudahan dalam mendapatkan pupuk bersubsidi dengan harga murah dan akan lebih baik lagi jika diberikan bantuan pupuk gratis.

Ketersediaan pupuk tidak kalah pentingnya dengan bantuan jenis lain seperti teknologi pertanian. Tanaman yang kekurangan pupuk akan berdampak terhadap hasil panen yang bisa menurun dan tidak optimal.

Menurutnya daerah selatan atau pesisir memang merupakan daerah yang ditetapkan sebagai lumbung beras untuk mendukung ketahanan pangan Kotim.

Bahkan kawasan di daerah itu dicadangkan untuk kawasan pertanian. Dalam tata ruang wilayah kabupaten di daerah itu juga dicanangkan untuk kawasan pertanian non perkebunan. (NACO/B-6)

Berita Terbaru