Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hanya Sisa 15 PSK Nunggu Dipulangkan Pemkab Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 10 November 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa (DinsosPMD) Kabupaten Barito Utara, Eveready Noor mengatakan pekerja seks komersial (PSK) pada 2018 berdasarkan data awal berjumlah 160 orang, pemilik wisma 19 orang, petugas keamanan empat orang, dan dua orang tukang parkir.

“Namun seiring berjalannya waktu jumlah ini berkurang, sehingga sampai saat ini dari jumlah 160 orang ini hanya tersisa 15 orang yang siap dipulangkan ke daerah asal. Mereka ini sebagian alumni dari tempat lokalisai seperti Dolly, lokalisasi Sampit, lokalisasi Pangkalan Bun,” katanya, Minggu 10 November 2019.

Ada empat tujuan pemulangan PSK ini seperti di Provinsi Jawa Barat yakni empat orang ke Bandung dan satu orang ke Cimahi.

Sedangkan untuk di Jawa Timur yakni dua orang di Tulungagung, Malang, dan Banyuwangi.

Kemudian Kalimantan Selatan yakni Banjarmasin dua orang dan Kalimantan Tengah yakni ke Puruk Cahu satu orang dan Kota Palangka Raya satu orang.

“Kami sudah siapkan anggaran pemulangan PSK. Untuk PSK dari Jawa Barat kita pulangkan melalui Banjarmasin dan PSK yang dari Jawa Timur kita pulangkan melalui Palangka Raya,” katanya.

Dalam pemulangan PSK ini Dinas Sosial barito Utara telah berkoordinasi dengan dinas sosial di empat provinsi.

Seusai penutupan lokalisasi, pihaknya juga menawarkan kepada pemilik wisma untuk membuka usaha sembako, rumah makan, dan karaoke keluarga.

"Hingga saat ini kami belum menerima atau gambaran dari pemilik wisma untuk membuka usaha di eks lokalisasi,” katanya. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru