Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kasongan Mulai Menugal Padi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 November 2019 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Warga Kasongan Kabupaten Katingan saat ini mulai menanam atau menugal padi.

Padi yang ditanam atau tugal itu umumnya padi umur 6 bulan. Biasanya warga menugal padi ini pada areal lahan yang baru dibuka atau dibersihkan dari semak belukar maupun batang kayu.

Menurut Rahimansyah, salah seorang warga Kasongan yang ikut menugal padi di Kasongan, Minggu, 10 November 2019 menuturkan, warga masyarakat biasanya gotong royong menanam padi ini. Mereka bergantian, setelah selesai di lahan milik satu warga, mereka giliran menanam lahan milik warga lainnya begitu seterusnya.

Menurutnya, menanam padi secara gotong royong ini sudah dilaksanakan sejak zaman nenek moyang turun temurun.

Hingga kini budaya gotong royong menanam padi di wilayah Kabupaten Katingan khususnya Kasongan masih dipelihara oleh warga.

Sarana llitang, warga Kasongan lainnya mengatakan menanam padi dengan cara gotong royong ini selain silaturahmi bersama warga masyarakat, juga sebagai hiburan.

Sarana mengaku cukup banyak warga Kasongan sejak beberapa hari ini mulai menanam atau menugal padi ini.

"Padi yang kami tanam adalah padi ladang umur 6 bulan dengan cara  tabur pada lubang tugal," kata Sarana.

Setelah umur padi sekitar sebulan biasanya padi yang tumbuh terlalu banyak akan dikurangi atau dipisah untuk ditanam pada areal yang kosong.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Katingan, Yosy membenarkan jika saat ini para petani mulai menanam padi. "Baik padii sawah maupun padi ladang, sekarang ini sudah banyak warga yang menanam padi," katanya.

Berita Terbaru