Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Murung Raya akan Upayakan Masyarakat Membuka Lahan Tanpa Membakar

  • Oleh Syahriansyah
  • 12 November 2019 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemkab Murung Raya melalui bidang Pertanian pada Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Murung Raya (Mura) ke depan akan lakukan upaya kepada masyarakat melalui kelompok tani untuk tidak membakar lahan ketika membuka lahan. 

Kepala Bidang (Kabid) Pertanian, Noor Suhada menjelaskan, perihal ini merupakan project ke depan pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mura. 

"Ke depan kita berupaya untuk membuat beberapa terobosan terkait dengan membuka lahan tanpa harus membakar, namun untuk mewujudkan ini tentu didasari dengan adanya dukungan dana operasional dan alat," katanya, Selasa, 12 November 2019.

Ia menambahkan, pada 2019 ini pihaknya sudah memberikan sebuah lahan percontohan di Desa Danau Usung dengan membuka lahan tanpa membakar untuk menanam padi. 

Noor Suhada juga mengaku upaya ini sulit untuk terwujud karena hingga saat ini lahan para petani yang terdaftar saat ini hanya 205 hektare pada Distanakan Mura. 

"Setidaknya kita lakukan menekan angka pembakaran lahan, seperti lahan percontohan Pulau Bango di Desa Danau Usung sebesar 9 hektar lahan dan hasilnya melebihi dari lahan yang ditanam dengan cara membakar," tukas Noor Suhada. (RIANSYAH/B-2) 

Berita Terbaru