Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Realisasi PBB-P2 Kotawaringin Timur Sudah Capai 90 Persen

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 November 2019 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini realisasi objek Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah mencapai 90 persen dari target Rp 7,5 miliar.

"Target pajak dari PBB-P2 sudah capai 90 persen," ujar Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BAPPENDA) Kotim, Marjuki, Selasa 12 November 2019.

Meski begitu pihaknya terus berupaya meningkatkan pajak PBB-P2. Bahkan dia berharap agar semua pihak mendukung peningkatan PBB P2.

Karena pihaknya sangat berharap agar PBB-P2 bisa menjadi pendapatan pasti atau permanen, sehingga bisamemudahkan menghitung dan meningkatkan pendapatan dari sektor tersebut.

"Peningkatan pajak dari sektor PBB-P2 sangat perlu dikakukan, karena jika dioptimalkan akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD)," katanya.

Dia menerangkan saat ini objek pajak dari PBB-P2 merupakan yang terbesar dari 11 jenis pajak daerah, karena mencapai 86.008 objek. Sebarannya paling banyak di predesaan yang mencapai 46.000 objek.

Dengan jumlah ini pihaknya terus melakukan verifikasi data objek pajak. Bahkan pelayanan juga terus dipermudah agar masyarakat tidak merasa sulit untuk membayar pajak.

"Yang pasti saya berharap masyarakat wajib pajak taat membayar pajak. Karena manfaat dari hasil pembayaran pajak ini akan kembali ke masyarakat dalam bentuk pembangunan," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru