Polres Barito Timur Sosialisasikan Penjaminan Pelayanan Kesehatan Akibat Kecelakaan Lalu Lintas

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 12 November 2019 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Barito Timur, PT Jasa Raharja, BPJS, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur mensosialisasikan bersama penjaminan pelayanan kesehatan akibat kecalakaan lalu lintas (KLL).

Sosialisasi berlagsung di ruang Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tamiang Layang, Selasa 12 November 2019.

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy melalui Kasat Lantas Iptu Sugeng mengatakan sosialisasi ini diharapkan adanya sinergitas antar Polri, Jasa Raharja, BPJS, fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan RSUD dalam menangani tindakan kecelakaan lalu lintas tunggal.

"Dalam KLL akan dijamin oleh BPJS Kesehatan, KLL Ganda Jasa Raharja dan Kecelakaan kerja dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Sugeng menyebut dalam penjaminan perlu adanya laporan kepolisian terkait kecelakaan lalu lintas.

Karena dalam laporan polisi ditentukan kecelakaan tersebut merupakan kecelakaan tunggal atau ganda.

Pihak kepolisian bisa melakukan koordinasi teknis dengan BPJS maupun dengan lembaga lainnya mengenai penjaminan biaya layanan kesehatan bagi korban kecelakaan lalu lintas.

"Masyarakat agar memahami mekanisme membuat laporan polisi, kita mengimbau bila terjadi kecelakaan segera laporkan untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan," pungkasnya.

Hadir dalam sosialisasi ini dr Teddy Taroreh dari Dinas Kesehatan Bartim, dr Eko perwakilan RSUD Tamiang Layang, R Junaidi perwakilan Jasa Raharja dan Kepala UPTD Kesehatan seluruh Barito Timur. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru