Pemkab Barito Utara Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 55

  • Oleh Ramadani
  • 12 November 2019 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 dengan melaksanakan upacara di halaman Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Selasa 12 November 2019.

Pada upacara tersebut, Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra bertindak sebagai inspektur upacara. Di sela upacara, Wakil Bupati Barito Utara membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Dia mengatakan, berdasarkan arahan Presiden RI bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Sementara ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya pengguna alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” kata Sugianto Panala Putra.

Dikatakannya, berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja Kabinet yang lalu ditandai dengan adanya peningkatan “Indeks Pembangunan Manusia” Indonesia setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah usia harapan hidup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan antara lain dengan menurunya angka kematian ibu dan anak, menurunya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunya TB.

“Terima kasih, dalam kurun waktu 5 tahun angka stunting telah berhasil diturunkan hampir sebanyak 10 persen,” ucapnya.

Menurutnya, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah dilaksanakan sepenuhnya. Walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan JKN ini, peningkatan pemanfaatan JKN menjadi bukti bahwa jaminan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. “Untuk itu, mari kita cari solusi bagaimana mengatasi masalah yang dihadapi saat ini,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan kendaraan dinas operasional untuk Puskesmas. Kemudian meninjau kegiatan bahkti sosial sunatan massal di aula Dinas Kesehatan. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru