Ini Kata Norhidayat, Mantan Pemain Sepakbola Profesional tentang Persepakbolaan di Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 November 2019 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bakal pesepakbola anak-anak Kabupaten Katingan dinilai tidak kalah dengan daerah lain, termasuk wilayah Jawa.
Hal ini dituturkan Norhidayat, mantan pemain sepakbola profesional yang sebelumnya malang melintang di sejumlah klub liga Indonesia saat bermain tarkam di Kasongan.

Norhidayat turut andil membawa kesebelasan Haji Deny Motor Sport atau HDMS Tumbang Samba menjuarai turnamen sepakbola perkumpulan sahabat olahraga Kabupaten Katingan tahun 2019 yang dipusatkan di Lapangan Sport Center Kasongan.

Pada final yang berlangsung Selasa, 12 November 2019 sore, HDMS menang 2 - 0 atas kesebelasan KNPI.

Sejak penyisihan hingga ke partai final, Norhidayat selalu dimainkan oleh HDMS. Ia berposisi sebagai janggar alias bek.

Dengan pengalamannya, Norhidayat mampu membawa timnya juara. Saat dimintai komentar terkait persepakbolaan di Kabupaten Katingan, Dayat panggilan akrab Norhidayat ini mengaku kalau teknik maupun skil para pemain-pemain asal Kabupaten Katingan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan skil yang dimiliki para pemain profesional di tanah air.

"Kalau teknis, fisik maupun skil para pemain anak-anak Kabupaten Katingan ini sama saja dengan yang ada di daerah lain seperti di Jawa, tapi kalau saya melihat mental bertandingnya mereka masih kalah," ujar Dayat.

Mental bertanding ini merupakan kunci dari sebuah pertandingan. Jika mentalnya tidak atau kurang siap, maka permainan jadi kacau tidak sesuai intruksi pelatih.

"Saya kira untuk memperbaiki mental bertanding ini perlu ujicoba atau mengikuti turnamen sepakbola di luar daerah," kata Dayat.

Dayat mengaku, sebelumnya dirinya pernah gabung di sejumlah klub, di antaranya Persedikab Kediri, Persekab Bandung, Persibo Bojonegoro, Persebaya Surabaya, Kalteng Putra (divisi utama), Persiba Balik Papan dan terakhir PSIR Rembang. "Kalau sekarang saya main Tarkam ke beberapa daerah termasuk di Kasongan ini," imbuh Norhidayat. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru