Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Hulu Sungai Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Madrid Berpeluang Jumpa Barca di Final

  • Oleh Inilah.com
  • 13 November 2019 - 07:20 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Piala Super Spanyol 2019-2020 menggunakan format berbeda. Di final, Barcelona dan Real Madrid berpeluang saling berhadapan.

Mulai 2019-2020, Piala Super Spanyol menggunakan format empat tim. Sebelumnya, sejak 1982 gelaran tersebut memakai format dua tim yang mempertemukan juara liga dan Piala Raja Spanyol. Sevilla menjadi tim terakhir yang menjuarai Piala Super Spanyol dengan format lama.

Empat tim yang akan berlaga di Piala Super Spanyol 2019-2020 adalah Barcelona sebagai juara bertahan LaLiga 2018-19 serta runner-up Piala Raja Spanyol, Real Madrid tim peringkat tiga, Atletico Madrid runner-up liga serta Valencia juara Piala Raja Spanyol musim lalu.

Hasil undian, Senin (11/11/2019) kemarin, mempertemukan Valencia dengan Real Madrid serta Barcelona melawan Atletico Madrid. Laga semifinal hanya berlangsung satu leg pada tanggal 8 dan 9 Januari 2020. Sementara final berlangsung pada 12 Januari 2020.

Menariknya, meski bertajuk Piala Super Spanyol gelaran tersebut justru digelar di luar Negeri Matador yaitu di King Abdulla Sport City, Jeddah, Arab Saudi.

Ini merupakan realisasi kesepakatan antara Federasi Sepak bola Kerajaan Spanyol (RFEF) dan Arab Saudi untuk menggelar Piala Raja Spanyol di negeri gurun tersebut hingga tiga tahun mendatang (2023). Langkah tersebut sempat menuai kritikan, pasalnya Arab Saudi sempat melarang perempuan hadir menyaksikan langsung pertandingan di stadion.

Namun, peraturan tersebut kemudian dihapuskan oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman, sejak 2018 lalu.

Presiden RFEF, Luis Rubiales, mengatakan langkah federasi menggelar Piala Super Spanyol di Arab Saudi merupakan bentuk dukungan pada perubahan sosial di Arab Saudi ke arah moderat.

"Kami berharap pendapat kami akan dihormati, yang mana untuk mendukung warga Arab Saudi dan berkolaborasi dengan federasi setempat guna menyediakan perangkat perubahan sosial," kata Rubiales.

"Ini akan jadi keuntungan bagi pria dan wanita bisa menyaksikan langsung di stadion. Masih banyak pendapat lain, beberapa diantarnya menolak, tetapi kami juga menghormatinya," ia memungkasi.

Berita Terbaru