Kerupuk Pipih Masih Jadi Primadona Oleh-oleh dari Kuala Pembuang

  • Oleh Magang 2
  • 13 November 2019 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kerupuk Pipih hingga saat ini masih menjadi primadona sebagai oleh-oleh saat berkunjung di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan.

Tak heran, di dalam kota Kuala Pembuang, banyak terdapat perajin kerupuk pipih dan berbagai panganan lainnya ciri khas ibu kota Kabupaten Seruyan itu.

Menurut Nurun, salah seorang perajin kerupuk pipih yang ada di Jalan Dr Adam Malik Kuala Pembuang, bahan baku ikan Pipih hingga saat ini masih mudah ditemui, sebab banyak para nelayan dan pengepul yang datang menjual ikan pipih.

“Setiap minggu  kami memerlukan sekitar 3 kwintal ikan Pipih segar untuk bahan baku kerupuk dan panganan lainnya,” kata Nurun, Rabu, 13 November 2019.

Menurutnya, ikan Pipih seluruhnya dipasok dari para nelayan yang ada di Seruyan, mulai dari daerah Telaga Pulang hingga kecamatan Seruyan Hulu.

Ikan Pipih, selain sebagai bahan baku utama untuk pembuatan Kerupuk, juga diolah menjadi berbagai panganan lain, seperti Amplang dan Stik, kesemuanya menjadi ciri khas untuk oleh oleh asli Kuala Pembuang. (MAGANG 2/B-2)

Berita Terbaru