Ada Napi Aktif di Facebok, Ada Sipir Lapas Kelas IIB Sampit Berkhianat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 13 November 2019 - 15:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Menanggapi adanya narapidana perempuan yang aktif di medias sosial Facebook menggunakan telepon seluler, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, Agus Dwirijanto menyebutkan bahwa ada sipir atau petugasnya yang berkhianat. 

"Tidak menutup kemungkinan ada petugas saya yang berkhianat, sehingga telepon bisa masuk dan digunakan narapidana," ujar Agus, Rabu 13 November 2019. 

Dia tidak bisa memastikan Lapas Kelas II B Sampit bebas dari barang yang dilarang seperti telepon, karena bisa saja narapidana bekerja sama dengan sipir untuk menyelundupkan barang tersebut. 

Hal itu masih menjadi perhatiannya dan terus menelusurinya. Karena dia juga geram dengan adanya aksi tersebut.

Apalagi hal itu tentunya akan menjadi perhatian masyarakat, karena yang membawa telepon aktif di medsos. 

"Kami terus berupaya agar kasus ini bisa terungkap. Sejumlah napi yang kedapatan membawa telepon juga kami periksa. Namun mereka tidak mau menerangkan siapa yang memberikan telepon kepada mereka," katanya. 

Dia juga tidak menampik ada keluarga napi yang membesuk yang memberikan telepon. Karena saat hari kunjungan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu ada ratusan pembesuk yang datang. 

"Bisa saja melalui keluarganya. Apalagi petugas kami yang memeriksa terbatas dan metal detektor hanya memeriksa barang bawaan pengunjung saja, sehingga bisa saja mereka yang menyelundupkan barang dilarang untuk napi," terangnya. 

Pihaknya sendiri akan terus berupaya melakukan razia terhadap barang dilarang dan hal itu sudah setiap pekan dilakukan. Dengan jam dan waktu yang tidak ditentukan. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru