Disporapar Sukamara Gelar Pelatihan Bagi Pemandu Wisata Buatan

  • Oleh Norhasanah
  • 14 November 2019 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara menggelar pelatihan pemandu wisata buatan atau outboad park pada Kamis, 14 November 2019.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Disporapar Sukamara, Ahmad Zunani dengan dihadiri oleh seluruh peserta dari beberapa kecamatan.

"Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil pemandu wisata atau pramuwisata yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus serta teknik pemanduan wisata," ucap Ahmad Zunani saat membuka kegiatan.

Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan  Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang pariwisata, dan Peraturan Pemerintah Nomor 67 Tahun 1996 tentang penyelenggaraan kepariwisataan.

"Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi pemandu wisata diwilayah kita agar sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor pariwisata," ujar Zunani.

Kepala Disporapar tessebut melanjutkan, meningkatkan kualitas pelayanan merupakan salah satu komponen dalam jasa usaha pariwisata, serta untuk mengembangkan dan memuktahirkan pengetahuan dan industri pariwisata di Kabupaten Sukamara.

"Kita berharap melalui pelatihan ini, apa yang menjadi tujuan kita kedepannya bisa terlaksana," harap Ahmad Zunani. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru