Pemandu Wisata Dituntut Memiliki Kualifikasi 

  • Oleh Norhasanah
  • 14 November 2019 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemandu wisata (Pramuwisata) dituntut untuk memiliki kualifikasi agar upaya dalam memajukan pariwisata  di Kabupaten Sukamara dapat terlaksana.

"Sebagai seorang pemandu pariwisata juga harus memiliki penguasaan dalam bahasa, serta pengetahuan yang luas," ucap Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, Ahmad Zunani, Kamis, 14 November 2019.

Menurut Zunani, pemandu wisata tidak hanya dituntut memiliki wawasan yang berkaitan dengan kepariwisataan saja, namun juga hal-hal lainnya.  

"Pradigma pariwisata sekarang telah berubah, dari sekedar objek kreasi dan hiburan menjadi sebuah industri jasa yang prospektif dan muti player efek, secara terintegrasi dan bersinergi dengan sektor lainnya," ujar Zunani.

Dirinya menuturkan, bahwa pembangunan sektor pariwisata diera otonomi daerah, idelanya mampu meningkatkan pendapatan daerah, sekaligus kesejahteraan masyarakat.

"Khususnya bagi masyarakat, industri ini mampu memberikan peluang usaha, lapangan pekerjaan yang berdampak pada peningkatkan perekonomian mereka," tukas Ahmad Zunani. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru