Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Padi Siam Busu Bisa Jadi PAD dan Sejahterakan Masyarakat Barito Timur

  • Oleh Prasojo Eko Aprianto
  • 14 November 2019 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekda Kabupaten Barito Timur, Eskop mengharapkan padi siam busu bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hasil inventarisasi sumber daya genetik yang pernah dilakukan di wilayah Barito Timur menyebutkan lebih dari 15 jenis padi lokal ditemukan.

Beberapa di antaranya telah dikaji dan dikarakterisasi sebagai kekayaan plasma nutfah milik Kabupaten Barito Timur.

"Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian telah memberi tanda daftar varietas tanaman lokal siam busu," ungkap Eskop, Kamis 14 November 2019.

Dengan telah terdaftarnya di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dan menjadi milik masyarakat Kabupaten Barito Timur sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dicatat dalam Daftar Umum Perlindungan Varietas Tanaman.

"Dengan diberinya tanda daftar ini berarti benih ini bisa diperjualbelikan di wilayah Kabupaten Barito Timur," tuturnya.

Dia mengatakan tindak lanjut dari pendaftaran ini agar bernilai ekonomis dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat maka harus diputihkan atau dilepas sebagai varietas yang bisa diperjualbelikan antar kabupaten antar provinsi dan mampu memberikan PAD. (PRASOJO/B-6)

Berita Terbaru