Sistem Informasi Pemetaan & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotawaringin Barat Akan Tetapkan Siaga Lebih Dini Atasi Karhutla 2020

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 November 2019 - 14:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah sampaikan, pada 2020  untuk mengatasi terjadinya karhutla Pemkab Kobar akan menetapkan status siaga lebih dini.

Disampaikannya, berdasarkan prediksi yang disampaikan BMKG, pada tahun 2020 memasuki siklus lima tahun dampak dari Elnino akan memasuki musim kemarau panjang.

"Kita harus persiapkan sejak awal menghadapi siklus lima tahunan tersebut, dimana kita akan memasuki musim kemarau yang panjang, pencegahan dan persiapan sarpras harus benar benar sudah matang," ujarnya.

Serta berdasarkan pengalaman tahun ini, nantinya jika ada kasus Karhutla, maka lebih awal menetapkan status siaga darurat Karhutla. Hal itu guna mempermudah Tim dalam melaksanakan pencegahan Karhutla.

"Begitu memasuki musim kemarau maka akan langsung menetapkan status siaga Karhutla, agar Tim semuanya lebih leluasa bekerja melakukan pencegahan sejak dini, melalui gerakan sosialisasi kepada masyarakat," jelasnya.

Dalam hal penanggulangan Karhutla, juga peran serta masyarakat sangat di butuhkan, jadi tidak semata ini merupakan tugas pemerintah saja.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya bantuan masyarakat dalam menangani Karhutla," tandasnya. (DANANG)

Berita Terbaru