Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Selatan Launching Kebun Hidroponik Pangan Tanpa Pestisida

  • Oleh Uriutu
  • 14 November 2019 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri me-launching kebun hidroponik pangan tanpa pestisida di Kelurahan Buntok Kota.

“Kebun pangan hidroponik tanpa pestisida ini merupakan Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD),” kata Eddy, Kamis 14 November 2019.

Gerakan nasional ini untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin kebutuhan pangan yang aman sampai tingkat perseorangan dan memperkuat ekonomi masyarakat perdesaan.

Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat bidang pangan, sehingga masyarakat desa bisa melakukan pengawasan dibidang pangan secara mandiri.

Adapun tahapan kegiatan GKPD ini meliputi advokasi kelembagaan desa, GAP assesment, pelatihan korlap dan kader keamanan pangan desa, bimbingan teknis komunitas desa, dan pelaku usaha pangan desa.

“Kemudian melakukan intensifikasi pengawasan keamanan pangan desa, termasuk melakukan monitoring dan evaluasi program keamanan pangan desa, serta mengikut kegiatan lomba,” jelasnya.

Menurutnya kegiatan ini telah diinisiasi sejak 2015 dan pada 2019 ini yang menjadi fokus kerjanya Kabupaten Barito Selatan terpilih mewakili Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengikuti kegiatan lomba.

Dia menjelaskan di Kabupaten Barito Selatan terpilih sebanyak 2 kelurahan dan 1 desa yakni Kelurahan Buntok Kota, dan Kelurahan Hilir Sper, serta Desa Baru, Kecamatan Dusun Selatan.

Hingga November 2019 ini kegiatan GKPD tersebut sudah masuk tahapan penilaian lomba desa.

“Hasil penilaian dari Balai Besar POM Palangka Raya selama proses kegiatan GKPD ini, Kelurahan Buntok Kota mewakili Kalimantan Tengah dalam lomba pangan aman tingkat nasional,” ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru