Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BP3D Gunung Mas Rapat Evaluasi Rencana Aksi Peningkatan Pangan dan Gizi

  • 14 November 2019 - 15:32 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Dalam rangka meningkatkan pangan dan gizi, Badan Perencanaan, Penelitan dan Pengembangan Daerah atau BP3D Kabupaten Gunung mas menggelar rapat evaluasi rencana aksi daerah (RAD), Kamis 14 November 2019.

Kepala BP3D Kabupaten Gunung Mas, Salampak mengatakan hubungan gizi dan pembangunan merupakan timbal balik. Artinya gizi akan menetukan keberhasilan suatu bangsa. 

"Begitu juga sebaliknya. Konsisi suatu bangsa bisa mempengaruhi status gizi masyarakat, sebab itu penangggulangan kekurangan gizi sangat penting untuk diperhatikan bersama," katanya. 

Dia menuturkan dalam penanganan masalah pangan dan gizi ada beberapa faktor.

Di antaranya rendahnya daya beli dan perilaku sosial budaya yang tidak menunjang kesehatan masyarakat, sehingga perlu dapat perhatian. 

"Hal itu akan mengakibatkan bertambah angka kemiskinan seperti terbatasnya mengakses pangan pada keluarga miskin, rendahnya kesadaran lingkungan bersih, partisipasi masyarakat melemah, dan tingginya penyakit infeksi," tuturnya

Dia menyebutkan pangan dan gizi sangat menetukan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang dan berpengaruh terhadap kemampuan daya saing masyarakat Gunung Mas, baik ditingkat lokal, regional, nasional maupun global. 

"Keberhasilan Kabupaten Gunung Mas ke depan sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh itu pangan dan gizi sangat perlu dilakukan sinkronisasi dan harmoniasi percepatan target RAD pangan dan gizi," tandasnya. (HENDRA/B-6) 

Berita Terbaru