Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tepis Isu Miring, Dukung Pembahasan RAPBD 2020 Kotim Terbuka dan Transparan

  • Oleh Naco
  • 14 November 2019 - 15:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, M Khozaini sepakat dan mendukung pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kotim Tahun 2020 dibahas secara terbuka dan transparan. 

"Saya berharap ada partisipasi publik untuk ikut mengawasi pelaksanaan pembahasan antara komisi dan mitra kerja DPRD nantinya," kata Khozaini, Kamis, 14 November 2019.

Pengawasan ini kata dia sangat perku pasalnya belakangan ini polemik mengenai kondisi RAPBD jadi sorotan. Keterbukaan pembahasan dan melibatkan publik itu sebagai bentuk transpransi saat ini. 

"Bahkan saya juga mendorong agar  pembahasan itu bisa direkam dan disiarkan secara langsung," tukasnya. 

Keterbukaan pembahasan RAPBD ini kata dia sangat penting untuk menghindari kecurigaan legislator bermain mata dengan tim eksekutif. Dirinya tidak ingin hal itu selalu dicapkan ketika momentum pembahasan. 

“Kecurigaan-kecurigaan itu yang harus dibantah dengan cara transparansi dalam pembahasan tadi. Terkait penilaian publik bagaimana setelah kita terbuka silakan dinilai," tandasnya.

Seperti diketahui Pembahasan RAPBD Kotim tahun 2020 ini menuai perhatian publik. tidak hanya lantaran terjadi defisit tinggi sampai Rp 150 miliar, namun juga sikap politik DPRD yang menunda pembahasan itu. 

Sementara batas akhir pembahasan dilakukan akhir bulan November ini. Jika itu meleset dari ketentuan Permendagri maka DPRD dan Bupati Kotim akan dikenakan sanksi dari pemerintah pusat. Berupa tidak dibayarnya hak keuangan selama 6 bulan.(NACO/B-11)

Berita Terbaru