Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belitung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan Ahmad Yani Pangkalan Bun - Sampit Rawan Kecelakaan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 November 2019 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jalur yang paling rawan terjadi kecelakaan saat ini di wilayah Kotawaringin Barat (Kobar) yakni Jalan A Yani arah Pangkalan Bun - Sampit dan yang kedua Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama.

Kasat Lantas Polres Kobar AKP Marsono mengatakan di Jalan Ahmad Yani ini tingkat kepadatan lalu lintas sangat tinggi. Banyak kendaraan besar yang melintas.

Dia menyebut pemicu kecalakaan biasanya kasus yang terjadi saat pengendara mau menyalip, namun ada kendaraan dari arah berlawanan dan kelalaian.

"Untuk Jalan A Yani ( Pangkalan Bun - Sampit) kondisi lalu lintas cukup padat sehingga rawan kecelakaan, sementara di jalan Pangkalan Bun-Kolam karena jalannya lurus, sehingga membuat pengendara tancap gas dan hilang kendali sehingga terjadi kecelakaan," ujarnya, Kamis 14 November 2019.

Disampaikan dalam 3 bulan terakhir kurang lebih ada 40 kasus kecelakaan lalu lintas. Dari kecelakaan ini 6 di antaranya mengakibatkan korbanya meninggal.

"Terlebih saat ini telah memasuki musim hujan yang tidak menentu agar kirannya masyarakat bisa memperkirakan kondisi cuaca saat berkendara, sebab jalan licin juga menjadi penyebab kecalakaan," jelasnya.

Dengan begitu Satlantas Polres Kobar mengingatkan masyarakat agar selalu hati-hati serta selalu menggunakan pelindung badan, karena itu sangat penting. Seperti helm, dan jaket untuk pengendara roda dua.

Sementara untuk pengendara roda empat bisa menggunakan sabuk pengaman, karena bisa meminimalisir luka berat kepada para pengendara, jika terjadi kecelakaan laku lintas.

"Pengendara harus bisa saling menghargai sesama penggguna jalan, kecepatan bukanlah segalannya, naum keselamatanlah yang patut kita utamakan, jadilah pelopor tertib berlalu lintas, selalu ingat keluarga menunggu anda di rumah," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru