Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Terbaik II Bidang Kepatuhan PNBP Mineral dan Batu Bara

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 November 2019 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sukses meraih juara II bidang Kepatuhan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Mineral dan Batu Bara, daerah pengelolaan dana bagi hasil terbaik. 

Prestasi ini bahkan menjadi yang pertama terkait kepatuhan tersebut. Atas hasil itu Pemprov Kalteng berhak mendapatkan penghargaan. 

"Pemprov Kalteng terus berupaya mengelola, mengawasi lebih intens lagi terhadap kepatuhan pembayaran royalty maupun kewajiban perusahaan dalam sektor pertambangan," kata gubernur.

Penghargaan atas prestasi itu diserahkan Menteri ESDM, Arifin Tasrif melalui Direktur Jendral Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono dan diterima oleh perwakilan dari Dinas ESDM Kalteng di Jakarta, Selasa, 12 November 2019. 

Sementara itu Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalteng, Ermal Subhan mengatakan penghargaan ini merupakan hasil dari PNBP ke negara dengan total Rp 2 triliun lebih di 2018. 

“Ini semua berkat kerja sama semua pihak dan upaya pemprov dalam melakukan pengawasan dan kontrol terhadap sektor pertambangan," ungkapnya, Kamis 14 November 2019.

"Pak Gubernur Sugianto juga terus memantau sebagai upaya penyelamatan sumber daya alam sektor pertambangan," imbuhnya.

Dia menuturkan sejak 2016 royalty dan kewajiban terus mengalami peningkatan.

Ermal juga menyebut bahwa di era Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, pengawasan baik secara langsung maupun melalui sistem online tetap dilakukan. 

Hal itu tentunya untuk menyelamatkan sumber daya alam pertambangan sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah untuk negara dan Pemprov Kalteng. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru