Jagung Komposit Sukses Dibudidayakan di Selatan, Sekda Kotim Pimpin Panen Perdana

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 November 2019 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jagung komposit sukses dibudidayakan di wilayah Selatan Kotawaringin Timur. Hal itu ditandai dengan panen perdana yang dipimpin Sekda Kotim, H Halikinnor, pada panen perdana jagung komposit di Desa Jaya Kelapa, Keamatan Mentaya Hilir Selatan, Kamis, 14 November 2019.

"Panen jagung komposit di Desa Jaya Kelapa ini merupakan yang perdana. Mudah-mudahan ke depan bisa dilaksanakan panen raya jagung," ujar Halikinnor.

Jagung yang dipanen hari ini untuk pakan ternak. Luasan tanam jagung tersebut mencapai 12 hektare. Sementara yang sudah siap tanam saat ini sekitar 15 hektare.

"Yang sudah siap tanam sudah 15 hektare.Saya harap nantinya bisa sampai ratusan bahkan ribuan hektare tanaman jagung di daerah ini," kata Halikinnor.

Jagung yang dipanen pada hari ini cukup bagus. Karena dalam satu hektare hasilnya bisa melebihi target nasional karena bisa menghasilkan 5,9 ton jagung. Sedangkan target nasional hanya 2,5 ton saja per hektare. 

"Melihat dari hasil tersebut, ternyata tanah di sini sangat potensial ditanami jagung. Bahkan tanaman sangat subur dan hasilnya bisa lebih banyak dari target nasional," terang Halikinnor. 

Sementara itu, investor penanaman jagung komposit itu, Paul Andries  William, mengatakan pihaknya berencana untuk memperluas penanaman jagung.

"Harapan kami kedepan bisa dikembangkan lebih baik lagi nantinya. Agar panennya bisa lebih melimpah. Sesuai dengan arahan pak Sekda Kotim, kami juga akan memberdayakan masyarakat sekitar," kata Paul.

Bahkan untuk keseriusan mengembangkan jagung, Paul mengatakan pihaknya akan membangun pabrik yang akan menampung jagung dari kalangan petani. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru