Tidak Ada Lagi Program Transmigrasi Di UPT Anjir

  • 11 April 2015 - 13:32 WIB

Hingga saat ini, Desa Hanjak Maju masih dikenal masyarakat dengan sebutan unit pemukiman tranmigrasi (UPT) Anjir, Pulang Pisau. Padahal, status UPT tersebut telah berubah menjadi desa definitif eks trans. Sehingga secara otomatis, program-program transmigrasi tidak akan dilaksanakan lagi di desa tersebut.

Demikian disampaikan, Kepala Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Karlin saat dibincangi di kantornya, Jumat (10/4/2015).

“Adanya peningkatan status tersebut, maka berbagai akses peningkatan sarana maupun infrastruktur didalamnya menjadi tanggungjawab sepenuhnya dari pemerintah daerah,” kata Karlin.

Saat ini, lanjut dia, Desa Hanjak Maju menyandang status desa tertinggal dan menjadi satu dari 19 Desa tertinggal yang harus di tanggulangi di Kabupaten Pulang Pisau. “Berbagai program dan kegiatan sudah dilaksanakan di desa-desa tertinggal ini, melalui masing-masing SKPD selama ini, diperkirakan telah mengalami peningkatan hingga 25 persen,” terang dia.

Menurut Karlin, untuk melepaskan sebuah desa dari status desa tertinggi, perlu dimasukkan berbagai program peningkatan infrastruktur yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat di desa itu.

“Program dan kegiatan yang berhubungan dengan transmigrasi untuk desa yang eks transmigrasi tentu akan hilang, kecuali jika ada program lain yang seperti pembinaan bagi warga eks transmigrasi mungkin masih dapat dilakukan,” terang dia.
(DY/B-8)

Berita Terbaru