Disdikbud Kotawaringin Barat Adakan Seleksi Calon Kepala Sekolah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 November 2019 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mendapatkan SDM yang mumpuni dan layak mengemban jabatan sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) SD dan SMP,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Disdikbud Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar seleksi calon kepala sekolah mulai 14 hingga 17 November 2019.

Kepala Disdikbud Kobar Rosihan Pribadi, Jumat, 15 November 2019 menjelaskan, seleksi yang dilaksanakan di Hotel Alibaba Pangkalan Bun ini diikuti oleh 45 peserta.

"Seleksi calon kepala sekolah ini digelar guna mempersiapkan SDM yang layak untuk menduduki jabatan tersebut pada periode yang akan datang.  Selain itu sebagai persiapan pergantian kepala sekolah yang pensiun dan berakhir masa tugasnya," jelas Rosihan.

Rosihan menjelaskan, bertindak sebagai asesor atau tim penguji calon kepala sekolah ini berasal dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pihak LPPKS mengirimkan assesor berpengalaman yaitu Rahmawati, Ali Askar, Ganif Rozikin dan Muhamad Jasri Djanggi. 

"Dengan digelarnya tes ini bisa didapatkan kepala sekolah yang berkualitas dan memenuhi kompentensi. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan, terkait dengan peningkatan mutu dan kualitas prestasi anak didik di masa yg akan datang. Seorang kepsek harus memenuhi kompentensi manajerial, kewirausahaan dan supervisi," jelas Rosihan.

Hal ini, lanjut Rosihan, merupakan tindaklanjut dari petunjuk Bupati Kobar yang sangat serius meningkatkan pembangunan SDM di Kobar.

"Pembangunan SDM  ini berulang kali ditekankan Bupati dalam berbagai kesempatan," jelas Rosihan. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru