Ini Empat Fungsi Kepala Sekolah Visioner Menurut Kepala Dinas Pendidikan Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 November 2019 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepemimpinan visioner kepala sekolah, sekurang-kurangnya memiliki empat fungsi. Keempat fungsi itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur Dewi Murni Ibie dalam sambutannya membuka Diklat Penguatan Kepala Sekolah di Aula Dinas Pendidikan, Jumat, 15 November 2019.

Menurutnya, visi merupakan kunci keberhasilan kepala sekolah dalam membawa sekolah kepada arah yang dicita-citakan.

"Pertama sebagai penentu arah, kepala sekolah menyeleksi dan menetapkan sasaran dengan mempertimbangkan lingkungan strategis untuk menyusun berbagai langkah menuju sasaran yang dapat diterima sebagai suatu kemajuan riil oleh semua warga sekolah," papar Dewi di Aula Dinas Pendidikan Barito Timur.

Berikutnya menurut Dewi, sebagai agen perubahan, kepala sekolah bertanggung jawab untuk merangsang perubahan di sekolah, misalnya kinerja guru dan tata usaha sekolah, sumber daya dan fasilitas sehingga memungkinkan pencapaian sebuah visi di masa depan.

"Yang ketiga sebagai juru bicara, kepala sekolah menjadi pembicara yang terampil pendengar yang penuh perhatian dan pengejewantah sekolah serta menjadi promotor dan negosiator sekolah yang dipimpinnya kepada pihak luar," imbuhnya.

Kepala sekolah juga berfungsi sebagai coach atau pelatih dimana ia membentuk tim yang memberdayakan semua warga sekolah dalam organisasi sekolah.

Diklat yang berlangsung selama 7 hari tersebut diikuti oleh 40 orang Kepala SD dan SMP se Kabupaten Barito Timur. (BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru