Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perencanaan Pangan dan Gizi di Kabupaten Gunung Mas Dilakukan Multi Sektor

  • 15 November 2019 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dalam rangka mengintegrasikan dan menyelaraskan perncanaan pangan dan gizi di Kabupaten Gunung Mas, Pemerintah Kabupaten setempat melakukan perencanaan pangan dan gizi secara multi sektor. 

"Perencanaan multi sektor ini artinya dalam skala nasional dan daerah harus ada rencana aksi pangan dan gizi daerah," kata Kepala BP3D Kabupaten Gunung Mas, Salampak, Jumat 15 November 2019.

Pasalnya, hal tersebut sejalan dengan Undang-undang 18 Nomor 2012 tentang pangan yang mengamanatkan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus menyusun rencana aksi pangan dan gizi setiap 5 tahun. 

Dia menuturkan, rencana aksi disusun dengan melalui pendekatan 5 pilar pembangunan pangan dan gizi yang meliputi, perbaikan gizi masyarakat,  peningkatan aksebilitas pangan yang beragam. 

"Lalu peningkatan pengawasan beragam, pengawasan keamanan mutu dan kemanan pangan, peningkatan hidup dan perilaku bersih dan sehat, serta penguatan kelembagaan pangan dan gizi," tuturnya. 

Dia menyebutkan, rencana aksi tersebut juga harus melibatkan berbagi pihak di daerah, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdaayan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, dan berbagai pihak terkait lainnya. 

"Kami berharap dengan dilakukan perencanaan secara multi sektor ini,  permasalahan pangan dan gizi di Kabupaten Gunung Mas dapat teratasi sehingga tercipta SDM berkualitas yang memiliki fisik tangguh, sehat, dan mental kuat dapat timbul pada generasi mendatang," tandasnya. (HENDRA/B-2) 

Berita Terbaru