Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Kartamulya Masuk Kawasan Pembangunan Terminal

  • Oleh Norhasanah
  • 15 November 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Desa Kartamulya, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara ditetapkan sebagai kawasan terminal. Rencana tersebut masuk dalam isu strategis pada Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Rencana Detil Tata Ruang (KLHS RDTR).

"Dinas terkait yang merencanakan di wilayah tersebut, namun untuk titik lokasi belum ditetapkan," ucap Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukamara, Agus Mulyanto, Jumat, 15 November 2019.

Agus melanjutkan, belum ditetapkannya titik lokasi terminal di Desa Kartamulya karena lahan yang disiapkan masih dalam status Hutan Produksi (HP).

"Sehingga nantinya harus kita usulkan untuk perubahan statusnya, agar bisa dilaksanakan rencana pembangunanya," ujarnya.

Agus menambahkan, sebanyak 5 isu prioritas yang masuk dalam Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Rencana Detil Tata Ruang, yakni pembangunan terminal angkutan darat, masalah persampahan, permasalahan pencemaran air dan udara, air bersih dan jembatan.

"Bahwa KLHS memiliki jangka waktu yang cukup panjang yakni hingga 20 tahun mendatang dan bisa dilakukan revisi dalam 5 tahun sekali, dan untuk KLHS RDTR Kecamatan Sukamara sudah dibahas dari tahap satu sampai dengan tahap enam," tukas Agus Mulyanto. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru