Ketua Dekranasda Kalteng Harapkan Promosi Produk Kerajinan Lebih Optimal 

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 November 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran mengharapkan program promosi produk kerajinan baik di dalam maupun luar daerah bisa lebih optimal. 

Selain itu, juga diharapkan meningkatkan pelatihan kualitas desain dan promosi produk kerajinan, menggelar berbagai event sebagai stimulan, identifikasi produk kerajinan untuk menjadi komoditi produk unggulan dan optimalisasi keberadaan Central Borneo Souvernir atau CBS.

"Sinergitas program Dekranasda dan penguatan struktur Dekranasda di kabupaten dan kota sangat penting untuk mengangkat produk unggulan di Kalteng yang berfokus pada batik benang bintik dan rotan," kata Yulistra Ivo sebagaimana mengutip MMCKalteng. 

Hal itu disampaikan Yulistra Ivo saat menjadi narasumber pada Forum Koordinasi Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM di Aula Bappedalitbang Kalteng, Kamis, 14 November 2019.

Istri gubernur Kalteng ini memaparkan terkait keberadaan Dekranasda di Kalteng, perlunya digitalisasi produksi dan pemasaran, optimalisasi keberadaan CBS dan mendorong perlindungan HAKI pada produk kerajinan.

Sementara itu, Sekda Kalteng Fahrizal Fitri melalui Asisten II Nurul Edy berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat dalam memberdayakan UMKM di Kalteng sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru