Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desak Pemkab Kotim Normalisasi Drainase hingga Anak Sungai di Kecamatan Baamang

  • Oleh Naco
  • 15 November 2019 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Agus Seruyantara mendesak Pemkab Kotim untuk menormalisasi drainase serta anak sungai di Kecamatan Baamang. 

Hal ini agar daerah yang rawan terendam karena banjir dan saluran buntu bisa diatasi. Sehingga saluran normal hingga ke Sungai Mentaya

"Sungai-sungai kecil yang ada di Sampit ini harus dikeruk supaya air bisa mengalir lancar hingga Sungai Mentaya," kata Agus, Jumat, 15 November 2019.

Harapan itu kata dia banyak disampaikan warga, khususnya di Kecamatan Baamang karena warga khawatir terjadi banjir akibat aliran air tidak lancar.

Normalisasi sungai dilakukan dengan membersihkan dan mengeruk badan sungai sehingga kapasitas badan sungai sesuai dengan debit air yang diinginkan dengan masih mempertahankan pola alamiah sungainya. 

Agus mencontohkan, anak sungai yang ada di kawasan Wengga Metropolitan. Anak sungai tersebut dangkal dan banyak ditumbuhi rumput sehingga menghambat arus air. 

"Jika dibiarkan, kondisi ini bisa saja memicu banjir jika air hujan turun dengan curah tinggi membuat air sampai meluap," tegasnya.

Saat kemarau belum lama ini, kata dia petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena sumber air kering. Sungai di kawasan itu dangkal, sehingga tidak ada airnya.

Normalisasi diharapkan juga dilakukan di sungai dan anak sungai lainnya yang ada di Sampit. Program ini sejalan dengan pembenahan drainase yang saat ini sedang gencar dilakukan pemerintah daerah.

Pembersihan sungai juga harus dilakukan agar alur sungai dan anak sungai bebas dari rumput dan tumpukkan sampah. Hal ini juga kaitannya dengan sanitasi lingkungan dan kesehatan karena tumpukan sampah bisa menjadi sumber berbagai penyakit. (NACO/B-5)

Berita Terbaru