Melalui Berbagai Cerita, Al Habib Zainal Abidin Jelaskan Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Oleh Wahyu Krida
  • 16 November 2019 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Melalui berbagai cerita riwayat Nabi Muhammad SAW dan sahabat, penceramah, Al Habib Zainal Abidin Bin Muhsin Al Hinduan, memberikan pencerahan mengenai hikmah segala peristiwa dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Citra Borneo Indah (CBI) Group, Sabtu, 16 November 2019.

Dalam kegiatan yang digelar di Kantor Pusat CBI Group Jalan Udan Said nomor 47 Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ini, Al Habib Zainal Abidin Bin Muhsin Al Hinduan yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Addhiiyaul Mushtofawi dari Situbondo Jawa Timur menjelaskan bahwa ada hikmah di balik suatu kejadian yang diberikan Allah SWT.

"Contohnya ada seorang raja yang saat berburu di hutan, namun ia terkena panahnya sendiri hingga jempol kakinya hampir putus," jelas Habib.

Namun, saat raja tersebut menanyakan pada penasihatnya mengenai kejadian ini, si penasihat malah mengatakan bahwa setiap kejadian pasti ada hikmahnya.

"Akibatnya raja menjadi marah dan penasihat dibawa ke kota dan dimasukkan dalam penjara. Setelah itu sang raja berburu ke hutan dan ia terlena hingga terlepas dari pengawalan. Ironisnya  ternyata raja masuk dalam kampung orang kanibal. Raja tersebut ternyata mau dijadikan korban bagi dewa mereka," ujar Habib.

Namun, para penduduk kampung kanibal tersebut mengurungakan niatnya. Dan menjadikan raja sebagai korban lantaran melihat bagian jempol kakinya hampir putus.

"Sang raja kemudian dilepaskan dan saat itulah ia menyadari bahwa apa yang dikatakan penasehatnya itu adalah benar. Allah menjadikan setiap kejadian pada seseorang, pasti ada hikmah di baliknya," jelas Habib.

Sesampainya di istana raja kemudian memerintahkan pengawalnya untuk melepaskan sang penasihat dari tahanan.

"Saat raja menceritakan mengenai pengalamnya tersebut, si penasihat juga malah bersyukur lantaran bila ia tetap bersama sang raja saat itu, bisa saja malah ia yang menjadi korban lantaran dirinya tidak mengalami cidera apapun. Nah inilah contoh hikmah dari setiap kejadian apapun yang kita alami didunia," jelas Habib. (WAHYU KRIDA/B-5)


TAGS:

Berita Terbaru