Kemah Pemuda di Punggualas Diikuti 31 Peserta dari Berbagai Provinsi

  • Oleh Budi Yulianto
  • 16 November 2019 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kemah pemuda atau Youth Camp yang digelar di Punggualas, Taman Nasional Sebangau, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah diikuti 31 peserta perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Kemah dengan tema "Keseruan hidup di alam gambut tropis" ini sebagai sarana edukasi dan sosialisasi terhadap upaya restorasi gambut yang sudah dan tengah dilakukan Badan Restorasi Gambut.

Tujuannya agar para pemuda mengenal langsung dan mencintai ekosistem gambut tropis di Kalimantan Tengah.

Total 31 peserta itu terdiri atas 19 anak muda berusia 17 sampai dengan 25 tahun, berasal dari kota-kota besar seperti Aceh, Jabodeta bek, Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Lampung dan Makassar.

Kemudian 12 pemuda berasal dari provinsi prioritas restorasi BRG yakni 5 peserta terpilih dari Kalimantan Tengah dan 7 fasilitator desa.

Kepala Badan Restorasi Gambut, Nazir Foead mengatakan generasi millennials memiliki segudang potensi tidak terbatas yang bisa bermanfaat bagi upaya restorasi ekosistem gambut berkelanjutan.

Peran generasi juga sangat krusial untuk melanjutkan upaya restorasi yang sudah dilaksanakan saat ini agar berdampak positif di kemudian hari.

"Maka dari itu sebagai bagian dari investasi SDM baik dan handal yang dibutuhkan dalam upaya restorasi gambut, BRG terus berupaya meningkatkan keterlibatan generasi millennials dan memupuk rasa cinta mereka kepada ekosistem gambut tropis Indonesia yang kaya,” katanya, Sabtu 16 November 2019.

Sebelumnya peserta kemah pemuda lebih dulu mengikuti seleksi terbuka yang dipilih berdasarkan keberagaman domisili dan karya tulis berisi motivasi memperdalam pengetahuan tentang ekosistem gambut.

Kegiatan ini dibuka oleh Nazir Foead dan dihadiri perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kalteng maupun Kabupaten Katingan.

Berita Terbaru