Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komunitas Usaha Kecil Mikro Barito Timur Gelar Bazar Mini Produk Lokal

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 November 2019 - 22:32 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Komunitas Usaha Mikro Kecil (UMK) Kabupaten Barito Timur menggelar bazar mini produk lokal dengan tajuk "Betang Berdagang" di kompleks wisata Rumah Betang Lewu Hante, Pasar Panas, Kecamatan Benua Lima.

"Bazar mini ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan manajemen yang diadakan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Tengah kepada pelaku UMK beberapa waktu lalu," kata Ketua Komunitas UKM Barito Timur, Aryadi, Sabtu 16 November 2019.

Menurutnya beberapa pelaku usaha yang mengikuti pelatihan ini berpikir bagaimana pelatihan tersebut ditindaklanjuti, sehingga tidak berhenti saat pelatihan saja, kerena itu muncul gagasan untuk menggelar bazar mini.

Normita Lydia kristina yang turut menjadi penggagas kegiatan ini memaparkan karena usaha yang dilakukan peserta bazar ini termasuk skala mikro, maka banyak sekali warga Barito Timur yang belum mengenal produk mereka, padahal banyak produk yang bagus.

"Selain itu jangkauan pasar mereka terlalu kecil, jadi akhir kita diskusikan dengan kawan-kawan bagaimana kalau bikin bazar mini," katanya.

Lewat bazar ini pelaku UMK Barito Timur bisa dikenal luas dan masyarakat tahu bahwa di Barito Timur ada produk UMK yang bagus.

Adapun UMK yang terlibat dalam bazar mini ini ada 19 usaha dengan berbagai produk lokal seperti souvenir etnik dayak, tas batik, teh herbal, batik tulis, tahu-tempe, keripik tempe, sayur segar, keripik pisang, gula aren, rimpi pisang, amplang ikan baung, kerajinan rotan, telur asin, telur puyuh, abon, umpan tiruan, wadih, dan lainnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru