Hazard Bersaudara Jaga Catatan Sempurna Belgia

  • Oleh ANTARA
  • 17 November 2019 - 10:20 WIB

Jakarta (ANTARA) - Hazard bersaudara, Eden dan Thorgan, mengantarkan Belgia melanjutkan catatan sempurna dalam fase kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup I dengan menundukkan tuan rumah Rusia 4-1 di Stadion Saint Petersburg, Sabtu setempat (Minggu WIB).

Sang adik, Thorgan membuka keunggulan Belgia sebelum diikuti dua gol Eden yang dilengkapi oleh Romelu Lukaku, sedagkan Rusia hanya bisa membalas lewat gol tunggal Georgiy Dzhikiya, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu menjadi kemenangan kesembilan dalam sembilan pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 yang sudah dijalani tim besutan Roberto Martinez.

Belgia yang kini kokoh di puncak klasemen Grup I dengan 27 poin hanya berjarak satu pertandingan lagi untuk menutup fase kualifikasi dengan catatan sapu bersih kemenangan.

Thorgan membuka keunggulan Belgia saat laga baru berjalan 19 menit setelah memanfaatkan umpan dari kakaknya.

Pada menit ke-33 giliran sang kakak yang mencetak gol dengan sepakan kaki kanan yang menyambut bola umpan kiriman Lukaku dengan menggunakan sundulan.

Rusia berusaha membalas namun tembakan jarak jauh Magomed Ozdoev masih bisa diamankan kiper Thibaut Courtois dan lima menit menjelang turun minum Belgia justru memperbesar keunggulan menjadi 3-0 berkat gol kedua Eden.

Lukaku mencetak gol keempat Belgia pada menit ke-72 lewat tendangan dari luar kotak penalti menyelesaikan umpan kiriman Kevin de Bruyne.

Tujuh menit berselang, Rusia memperkecil ketertinggalan menjadi 1-4 yang diawali dari sepak pojok. Sundulan pertama Daler Kuzyaev sempat dihalau Courtois, namun bola masih hidup dan disambar Dzhikiya untuk menjebol gawang Belgia.

Skotlandia dan Kazakhstan menang

Dalam dua pertandingan lain di Grup I, Skotlandia dan Kazakhstan juga menang atas lawan masing-masing.

Skotlandia yang bertandang ke markas Siprus menang tipis 2-1 atas tuan rumah di Stadion GSP pada Sabtu malam WIB.

John McGinn menjadi penampil terbaik dalam kemenangan Skotlandia ini dengan membukukan satu gol dan satu assist. McGinn terlebih dulu mengirimkan umpan yang diselesaikan dengan aksi individual menawan dari Ryan Christie demi membawa Skotlandia unggul pada menit ke-12.

Siprus sempat menyamakan kedudukan lewat tembakan voli Giorgos Efrem menyambar bola sapuan pertahanan Skotlandia mengantisipasi tendangan bebas, namun enam menit kemudian McGinn merestorasi keunggulan tim tamu dengan betisnya yang mampu menjangkau umpan silang Steven Naismith.

Dalam pertandingan lain yang berakhir Minggu dini hari WIB Kazakhstan juga berjaya memetik kemenangan 3-1 di San Marino.

Baktiyor Zainutdinov, Gafurzan Suyumbayev dan Aleksey Shchetkin membawa Kazakhstan unggul tegas pada babak pertama dan San Marino cuma bisa membalas sekali pada menit ke-76 lewat gol Filippo Berardi.   (ANTARA)

Berita Terbaru