Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Muna Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Rincian Desa Tangguh Bencana Bentukan BPBD Kapuas Dalam 3 Tahun Terakhir

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 17 November 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas sudah membentuk 5 desa tangguh bencana (destana) di 3 kecamatan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga data itu terhitung sejak tahun 2017 - 2019.

"Sudah ada 4 desa yang terbentuk dan berjalan. Yaitu Desa Sei Ahas, Desa Katunjung di Kecamatan Mantangai. Dan Desa Tarung Manuah, Desa Batuah di Kecamatan Basarang," kata Panahatan Sinaga, Minggu, 17 November 2019.

"Dan sekarang di akhir tahun ini bertambah lagi satu, yakni di Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung," lanjut dia.

Lebih lanjut, dia menyampaikan ke depan akan terus membentuk dan mengembangkan Destana di desa-desa yang rawan bencana, guna meminimalisasi risiko terhadap masyarakat setempat.

"Dengan mempersiapkan SDM di destana ini, diharapkan bisa siap dan mengerti apa yang dilakukan ketika terjadi suatu bencana," tuturnya.

Selain itu, dia meminta masyarakat terus aktif dan mempelajari terkait kebencanaan itu, terutama daerah rawan. Sehingga memperkecil berbagai risiko.

"Juga diharapkan kemandirian masyarakat dalam penanggulangan pencana, khususnya bagi yang tinggal di wilayah rawan bencana," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru