Kemah Pemuda Wujudkan Mimpi Mahasiswi Asal Jakarta Lihat Lahan Gambut

  • Oleh Budi Yulianto
  • 17 November 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kemah pemuda atau Youth Camp yang digagas Badan Restorasi Gambut atau BRG di Punggualas, Taman Nasional Sebangau mampu menjadi perantara mewujudkan mimpi melihat lahan gambut. 

Nadia Jessica Jonatan, 21, mahasiswi Institut Teknologi Bandung, salah satunya. Perempuan asal Jakarta ini nampak bahagia lantaran rasa penasarannya itu telah terjawab. 

"Ternyata bagus banget. Baru kali ini lihat. Di Jakarta tidak ada," ucap Nadia.

Bagi Nadia, berkunjung ke Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah merupakan yang pertama kalinya. Sebelumnya, mahasiswi semester 7 ini hanya sekadar mendengar cerita mengenai lahan gambut di tempat kuliahnya.

Penasaran lainnya adalah saat lahan gambut mengalami kebakaran dan susah untuk dipadamkan. Nadia kini tahu bahwa memadamkan api di lahan gambut memang tidaklah mudah karena api membara di bagian bawah. 

Untuk itu, ia mengajak bersama-sama menjaga lahan gambut supaya keindahannya tetap asri dan nyaman.

Mahasiswi lainnya, Kelvin, 20, dari Institut Pertanian Bogor menilai lahan gambut bisa menjadi potensi wisata yang tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat.

Sementara itu, I Kade Purnawirawan Putra, 25, alumni Universitas Udayana yang kini bekerja di Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali mengatakan akan memviralkan keindahan alam gambut lewat media sosial.

Kemah pemuda tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala BRG, Nazir Foead pada Sabtu, 16 November 2019. Selain di Punggualas, 31 peserta kemah berasal dari berbagai provinsi di Indonesia juga dijadwalkan meninjau lahan di wilayah Buntoi dan Gohong, Kabupaten Pulang Pisau. (BUDI YULIANTO/B-2)

Berita Terbaru