Persiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru, KSOP Kumai Lakukan Uji Petik Kapal Penumpang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 November 2019 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mendapat instruksi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk melakukan persiapan kapal jelang momen tersebut.

Kepala Sub Seksi Lalu Lintas dan Usaha Kepelabuhanan KSOP Kumai Azwar Anas, Senin, 18 November 2019 menjelaskan menindaklanjuti instruksi tesebut, KSOP Kumai melakukan berbagai kegiatan. Seperti uji petik untuk mengetahui layak atau tidaknya kapal penumpang berlayar.

"Hingga saat ini sudah tiga kapal yang mendapatkan uji petik. Kapal tersebut yaitu  KM Satya Kencana 3 dan KM. Dharma Rucitra 9 milik PT Dharma Lautan Utama dan KMP Kalibodri milik PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP)," jelas Anas.

Setelah itu, lanjut Anas, KSOP Kumai bakal memggelar rapat awal terkait persiapan untuk memastikan jumlah ketersediaan kapal dalam rangka kegiatan angkutan laut Natal dan Tahun Baru.

"Bukan itu saja,  kesiapan fasilitas terminal penumpang dan dermaga yang ada di Pelabuhan Kumai juga akan diperiksa agar penumpang bisa berpergian dengan aman dan nyaman," jelas Anas.

Anas menjelaskan, berkaca pada pengalaman beberapa tahun lalu, jelang Natal dan Tahun Baru memang tidak terdapat lonjakan penumpang seperti menjelang masa Lebaran 

"Penumpang yang melakukan mudik Natal dan Tahun Baru diperkirakan sama seperti hari-hari biasa," jelas Anas. (WAHYU KRIDA/m)

Berita Terbaru