Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tips Merawat Mesin Turbo Agar Tetap Awet

  • Oleh Tempo.co
  • 18 November 2019 - 11:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Penggunaan turbo pada mesin mobil bukan lagi barang baru. Namun tak sedikit juga orang masih sering salah kaprah terkait bagaimana semestinya merawat turbo agar tetap awet. Tips merawat mesin turbo ini dapat dilakukan dengan mudah. 

"Yang jarang diperhatikan itu, setelah jalan jauh," ujar Technical Advisor Isuzu Astra, Indarto, Kamis, 14 November 2019.

Setelah bepergian jauh, mesin dan turbo mobil sebaiknya jangan langsung dimatikan. Alasannya, bisa membuat turbo lecet alias rusak akibat terputusnya air pendingin ke turbo. Adapun jarak waktu yang disarankan sekitar satu menit.

"Jaraknya sekitar 30 sampai 60 detik. Diamkan sebentar supaya putarannya enak sebelum dimatikan," ujarnya.

Indarto tak menampik bahwa hal tersebut masih sering dijumpai. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran khususnya kepada konsumen. Adapun dampak yang timbul ketika pengemudi sering mematikan mesin mobil turbo secara mendadak.

"Turbo itu ada suplai olinya juga. Kalau mesinnnya berhenti mendadak atau dimatikan, maka berpotensi membuat aus," ujar mekanik yang pernah menjadi juara pertama di Jepang tersebut.

"Olinya bisa keluar atau tersedot, jadi bisa rusak beberapa komponen di dalam turbo," ujarnya. (Teras.id)

Berita Terbaru