Pimpinan OPD Kabupaten Harus Punya Komitmen dalam Menyediakan Informasi

  • Oleh Hendra
  • 18 November 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas,  Yohanes Tuah mengatakan, Pimpinan OPD Kabupaten harus punya keseriusan dan komitmen dalam menyediakan informasi dan data sebagai acuan DLH Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Hal itu disampaikan, Asiten II Skretaris Derah Gunung Mas dalam sosialisasi inventarisasi data dan informasi lingkungan hidup di Kabupaten Gunung Mas yang digelar oleh DLH Provinsi Kalteng di aula Hotel Zefanya,  Senin 18 November 2019.

"Informasi dan data yang diberikan harus benar-benar valid  sehingga informasi dan data yang dihimpun dari Kabupaten Gunung Mas dapat menjadi acuan bagi DLH Provinsi Kalteng," ucapnya 

Dia menuturkan, hal itu sudah diamanatkan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten. 

Bahwa kewajiban dari masing-masing OPD, harus menyiapkan data dan informasi tentang rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup atau RPPLH. 

Ada pun jenis data dan informasi yang harus disiapkan diantaranya, potensi dan kondisi SDA, postensi dan kondisi ekosistem sensistif, data kependudukan dan pemukimanan, data pertumbuhan ekonomi. 

Data bencana dan kerusakan lingkungan, data kualitas lingkungan hidup, permasalahan dan konflik lingkungan hidup, indikasi dari daya dukung dan daya tampung. 

"Lalu peta land cover dan land use, peta kawasan hutan, peta rawan bencana, peta kawasan strategis, serta peta wilayah adminitrasi pemerintahan," pungkasnya. (HENDRA/B-2) 

Berita Terbaru