Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menghadapi Musim Penghujan, BPBD Kobar Sosialisasikan Waspada Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 November 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah dihadapkan musim kemarau dan Karhutla, kini BPBD Kobar bersiap hadapi musim hujan. Sehingga BPBD Kobar sosialisasikan waspada banjir kepada warga yang wilayahnya rutin terkena banjir.

Kepala BPBD Kobar Petrus Rinda mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kobar belum sepenuhnya berakhir. Karena masih ada beberapa hotspot. Namun pihaknya kembali dihadapkan dengan hal yang baru yakni masalah banjir yang kerap terjadi pada musim penghujan.

"Penanganan Karhutla masih terus kita lakukan jika masih ada laporan. Kemudian kita juga mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat bantaran Sungai Arut yang sering terjadi banjir pada musim penghujan," ujarnya.

Salah satu tempat yang mulai diberikan sosialisasi seperti Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara. Dimana setiap tahun, daerah tersebut selalu dilanda banjir. Selanjutnya nanti sosialisasi ke kelurahan dan desa lain di Kobar yang sering terjadi banjir.

Dalam hal ini, kesadaran masyarakat juga perlu ditingkatkan agar selalu menjaga kewasapadaan dan menjaga kebersihan lingkungan. Seperti jangan membuang sampah sembarangan sehingga dapat menyumbat drainase.

"Kegiatan turun ke lapangan selain memantau debit air, kita juga meminta masyarakat selalu waspada dengan meningkatnya debit air di Sungai pada saat musim penghujan. Karena pada Desember itu curah hujan diprediksi tinggi," tandasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru