Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Cianjur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Kobar Siapkan Logistik untuk Waspadai Banjir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 November 2019 - 18:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Menghadapi musim hujan yang perlu diwaspadai ialah masalah banjir. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat (Kobar) telah menyiapkan logistik.

Kepala BPBD Kobar, Petrus Rinda mengatakan logistik yang disiapkan seperti alat kesiapan penanggulangan bencana maupun makanan.

"BPBD sudah menyiapkan makanan siap saji dan pakaian layak pakai. Sehingga saat terjadi bencana baik itu banjir dan maka kita bisa distribusikan makanan dan pakaian kepada para korban," ujarnya.

Disampaikan, sebenarnya tidak hanya mengantisipasi banjir saja. Tapi selalu ada stok untuk persediaan makanan siap saji.

Karena jika ada bencana bisa langsung di serahkan kepada yang berhak. Termasuk pada saat musim penghujan, pihaknya harus menyetok dengan jumlah yang cukup.

Jika nantinya terjadi banjir besar dan waktunya cukup lama. Bantuan tidak hanya dari BPBD Kobar saja, tapi juga dari dinas sosial, sehingga masalah bantuan ini tidak perlu dikhawatirkan.

"Jika ada bencana besar dan membutuhkan logistik serta bantuan bakal kita infokan. Karena kepedulian masyarakat Kobar juga sangat tinggi terhadap sesama. Bantuan secara sukarela pasti terus berdatangan," ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi waspada banjir di daerah yang rawab banjir dan salah satu tempat yang mulai diberikan sosialisasi seperti Kelurahan Pangkut Kecamatan Arut Utara.

Setiap tahun daerah tersebut selalu dilanda banjir. Selanjutnya nanti sosialisasi ke kelurahan dan desa lain di Kobar yang sering terjadi banjir.

"Kegiatan turun ke lapangan selain memantau debit air, kita juga meminta masyarakat selalu waspada dengan meningkatnya debit air di sungai pada saat musim hujan, karena Desember itu curah hujan diprediksi tinggi," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru