Bupati Barito Utara Meninjau Pabrik Sawit di Sampit

  • Oleh Ramadani
  • 18 November 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupat Barito Utara, Nadalsyah melakukan kunjungan ke salah satu pabrik kelapa sawit yang ada di kilometer 551 arah Sampit - Pangkalan Bun.

Kunjungan Bupati Barito Utara guna belajar mengenai proses pengolahan kelapa sawit. Kunjungan bupati didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kunjungan Nadalsyah untuk melihat secara langsung proses pengolahan kelapa sawit. Terlebih saat ini perusahaan ini telah mengoperasikan palm oil mill yang diresmikan pada 10 Juli 2019.

Industri minyak kelapa sawit merupakan salah satu industri strategis dalam perekonomian makro, pembangunan ekonomi daerah, pengurangan kemiskinan dan berperan strategis sebagai penghasil devisa terbesar.

Nadalsyah memiliki impian untuk bisa membangun perusahaan yang membuat produk hilir daripada hasil kebun sawit.

“Selama ini di Kabupaten Barito Utara maupun daerah lain di Kalimantan Tengah, hasil dari sawit masih berupa CPO,” ucap Nadalsyah, Senin 18 November 2019.

Hal ini tentunya akan berdampak pada harga sawit di tingkat pekebun, sebab harga yang dipatok oleh perusahaan tentunya akan menyesuaikan pasar.

“Beda jika perusahaan yang ada memproduksi hasil akhir dari sawit seperti minyak goreng, sabun dan lainnya,” katanya.

Dalam kunjungan ini bupati juga bisa memprediksi berapa produksi rata-rata dari setiap pabrik sawit, sehingga nantinya bisa dikalkulasikan data tersebut guna meraih mimpi untuk membangun perusahaan pembuat produk hilir dari sawit. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru