Kalteng Raih Penghargaan Pembangunan Infrastruktur 2019 untuk Pertama Kali

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 November 2019 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng di bawah kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran, meraih penghargaan terbaik pembangunan infrastruktur 2019 wilayah tengah, meliputi Pulau Jawa dan Kalimantan untuk pertama kali.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Pusat Fasilitasi dan Infrastruktur Daerah Kementerian PUPR, Riono Suprapto dan diterima Kadis PUPR Kalteng, Shalahuddin pada Rapat Koordinasi Dana Alokasi Khusus atau DAK 2020 di Surabaya, Jawa Timur, Senin, 18 November 2019.

"Ini luar biasa karena pertamakali yang diraih Provinsi Kalteng. Ini juga bentuk perhatian Pak Gubernur Sugianto Sabran dalam memantau, evaluasi, dan perencanaan yang matang membangun Kalteng melalui infrastruktur,” kata Shalahuddin.

Ia menyebut luar biasa karena penghargaan terbaik itu merupakan penilaian dari total 176 daerah wilayah tersebut. Shalahuddin pun bangga atas capaian itu.

Hal tersebut juga dinilai pantas terlebih tidak ada pekerjaan yang tidak rampung. Semua dikerjakan 100 persen untuk proyek fisik. Sedangkan penyerapan anggaran baik dari belanja modal, mencapai diatas angka 94 persen dan belanja rutin diatas 94 persen.

“Kami mulai perencanaan dan program awal melalui program e-planning krisna DAK dan dilakukan penilaian. Kemudian, seleksi oleh Bapenas dan Kementerian PUPR. Sehingga Kalteng merupakan salah satu provinsi yang memenuhi syarat dan sangat strategis menentukan perekonomian masyarakat seperti akses pelabuhan, daerah tertinggal, tempat wisata dan lain-lain,” katanya.

Shalahuddin juga turut mengapresiasi kinerja jajarannya. Di sisi lain, ia menyebut semua itu tidaklah lepas dari arahan gubernur sehingga infrastruktur dapat dinikmati masyarakat luas dengan nyaman.

Sementara itu, Riono mewakili Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, ada 3 kriteria suatu daerah bisa meraih penghargaan.

Pertama, perencanaan yang bagus dan sesuai. Kedua, tepat waktu dan ketiga, benar-benar bermanfaat untuk masyarakat di daerah.

"Nah (Provinsi) Kalteng memiliki itu, dari seluruh provinsi, kabupaten, kota, di pulau Jawa dan Kalimantan," ucapnya.

Berita Terbaru