Gerakan Pramuka Beri Peran Kemajuan Dunia Pendidikan

  • Oleh Norhasanah
  • 19 November 2019 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua Kwarcab Sukamara, Ahmad Zunani mengatakan bahwa gerakan pramuka juga memberikan peran dalam kemajuan dunai pendidikan di tanah air Indonesia.

"Masa depan bangsa akan tergantung pada pendidikan anak-anak dan pemuda dimasa sekarang,  pendidikan itu sendiri dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan formal atau sekolah sampai dengan lingkungan masyarakat," ucap Ahmad Zunani pada pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML), Selasa, 19 November 2019.

Menurutnya, gerakan pramuka sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal bagi generasi muda, yang pendidikannya dilakukan diluar lingkungan keluarga dan sekolah.

"Ini telah terbukti dan turut memberikan peranan yang tidak sediki bagi kemajuan pendidikan di tanah air, khususnya di Kabupaten Sukamara," ujar Zunani.

Sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, dirinya mengharapkan agar kedepannya gerakan pramuka dapat memberikan sumbangsih yang lebih besar lagi.

"Terutama untuk ketiga komponen lingkunan pendidikan harus saling memperkuat, juga perlu adanya saling pengertian dan kerjasama yang baik antara pendidikan disekolah, orang tua dirumah dan para pimpinan atau pembina pramuka," tukas Ahmad Zunani. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru