Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bandara Soetta Luncurkan Mobile Command Post Layanan Darurat

  • Oleh ANTARA
  • 19 November 2019 - 12:36 WIB


Tangerang (ANTARA) - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) meluncurkan mobile commando post (MCP) atau pos komando bergerak yang berfungsi sebagai pusat penanggulangan darurat bergerak terpadu.

Executive General Manager Branch Communication & Legal  Bandara Soekarno-Hatta  Febri Toga Simatupang  di Tangerang Selasa menjelaskan, Kendaraan ini bekerja sebagai pusat distribusi informasi, komando, komunikasi dan koordinasi ketika terjadi situasi darurat di lapangan, seperti insiden atau kecelakaan pesawat.

MCP juga telah sesuai dengan standar regulasi International Civil Aviation Organization (ICAO) serta regulasi National Aviation.

“Mobile command post ini bekerja seperti crisis centre yang dapat berfungsi sebagai pusat komando, komunikasi dan koordinasi terpadu apabila terjadi situasi darurat di lapangan seperti kecelakaan pesawat,” katanya dalam keterangan resmi kepada media.

Febri menjelaskan, standar Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) mengharuskan bandara dengan kategori PKP-PK 7 hingga 10 wajib memiliki fasilitas pos komando bergerak.

“Karena Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah mencapai kategori PKP-PK ke 9, sudah seharusnya mobile commando post dipersiapkan," ujarnya.

Ketika dalam suatu keadaan mengharuskan MCP  dikerahkan, maka perwakilan dari pihak terkait akan berkumpul di MCP.

Artinya, apabila terjadi insiden maka MCP diterjunkan mendekati lokasi kejadian. Hal ini tentunya memudahkan koordinasi karena dapat memantau langsung kejadian.

"Ketika dalam keadaan darurat maka perwakilan dari komandan kecelakaan penerbangan, pemadam kebakaran, komando satuan keamanan, koordinator kesehatan, koordinator transportasi serta kepala forensik akan berkumpul untuk stand by di MCP," kata Febri.

Untuk diketahui, MCP milik Bandara Soetta berbentuk bus yang dilengkapi fasilitas dan sarana kerja untuk menunjang kinerja perwakilan terkait yang memadai. Di antaranya perangkat komunikasi mutakhir dan ruang rapat berpendingin udara.

Berita Terbaru