Polres Katingan Siap Amankan Pilkades Serentak 2019

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 November 2019 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Polres Katingan siap mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa atau Pilkades Serentak, yang akan digelar pada 25 November 2019.

Hal itu ditandai dengan Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) Operasi Mantap Praja Bumi Penyang Hinje Simpei 2019 yang dipimpin Kapolres Katingan, AKBP Andri Siswan Ansyah, Selasa, 19 November 2019.

Turut hadir, Wakapolres Katingan, Forkopimda Kabupaten Katingan, pejabat utama polres, Satpol Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, tim kesehatan, dan personel Polres Katingan.

Andri Siswan Ansyah mengatakan, pilkades bisa dikatakan sebagai penanda utama demokrasi, karena masyarakat diajak untuk ikut serta dalam menentukan kepala desa.

Agenda demokrasi pada Pilkades ini juga seperti penyampaian pendapat di muka umum, kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta jaminan keamanan pemilihan langsung oleh publik.

Dia mengatakan, Pilkades Serentak 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas di masing-masing desa.

"Polres Katingan memiliki tanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pilkades serentak di 76 desa, melalui menajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif serta memperkokoh kerjasama dan sinergitas dengan penyelenggara pilkades, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya," pungkasnya. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru