Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Sediakan Air Bersih Layak untuk Masyarakat

  • Oleh Naco
  • 19 November 2019 - 19:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Muhammad Arsyad mendesak pemerintah kabupaten untuk menyediakan air bersih yang layak untuk dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. 

Hal tersebut tidak hanya di untuk perkotaan tetapi juga hingga ke pelosok. Pasalnya, selama ini keluhan kesulitan air bersih masih sering terjadi, tidak hanya saat musim kemarau.

"Kebutuhan air bersih tidak hanya di kawasan selatan yang airnya berasa asin akibat intrusi air laut, tetapi juga kawasan utara akibat kekeringan dan kualitas air yang buruk, bahkan tercemar," kata M Arsyad, Selasa, 19 November 2019?

Menurut Arsyad, air merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang wajib dipenuhi pemerintah. Sebab, itu berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Dia mengatakan, aspirasi mengenai ketersediaan air bersih ini disampaikan saat reses lalu di Kecamatan Cempaga. Warga mengeluhkan tidak adanya layanan PDAM. Sekalipun ada kualitas airnyapun masih buruk.

Sementara jaringan pipa air bersih yang disiapkan PDAM belum merata. Termasuk instalasi ke seberang, warga meminta dibuatkan sumur bor dalam untuk mendapatkan air bersih. 

Ada lima RT di Desa Cempaka Mulia Barat yang belum tersentuh jaringan air bersih PDAM, bahkan Kantor Camat Cempaga pun demikian. 

Warga melakukan upaya lain yakni manfaatkan air tanah. Masyarakat setempat sudah beberapa kali menyampaikan usulan ini kepada pemerintah kabupaten, namun hingga kini belum ada realisasi. (NACO/B-11)

Berita Terbaru