Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Mataram Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kamar Mandi Kotor Bisa Sebabkan Stunting, Begini Kata Ahli

  • Oleh Teras.id
  • 19 November 2019 - 20:52 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kamar mandi kotor sering dihubungkan dengan bersarangnya virus dan bakteri. Tak heran, ini selalu dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang dapat terganggu. Namun apakah stunting termasuk salah satunya?

Dokter mikrobiologi klinis, Wani Gunardi ternyata membenarkannya. Ia mengatakan bahwa kamar mandi kotor bisa mengakibatkan stunting.

Kamar mandi kotor sama dengan sanitasi buruk. Bagi anak-anak, penggunaan secara berkepanjangan bisa menyebabkan stunting,” katanya dalam acara Vixal Ingatkan Pentingnya Toilet dan Kamar Mandi Bersih dan Sehat di Jakarta pada Senin, 18 November 2019.

Wani awalnya menjelaskan bahwa stunting memang berhubungan erat dengan masalah gizi kronis. Namun jika hal tersebut diperbaiki dengan konsumsi makanan bergizi namun tidak diimbangi dengan penggunaan kamar mandi yang baik, tetap akan menyebabkan stunting. “Karena di dalam toilet bisa ditemukan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit yang salah satunya adalah diare,” katanya.

Dengan diare yang terus dialami anak, makanan bergizi yang dikonsumsi untuk mengatasi stunting pun akan terbuang secara percuma. Tak heran, kondisi kamar mandi yang bersih sangat menentukan keberhasilan penanggulangan stunting.

“Oleh karena itu, saya menghimbau agar setiap keluarga khususnya yang memiliki anak untuk selalu menjaga kebersihan kamar mandi. Ini sangat penting untuk menurunkan angka stunting di Indonesia yang juga semakin bertambah,” katanya. (TERAS.ID)

Berita Terbaru