Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kuala Pembuang Manfaatkan Teknologi untuk Permudah Pelayanan

  • Oleh Magang 2
  • 20 November 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang RSUD Kuala Pembuang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan penunjang. Salah satunya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Direktur RSUD Kuala Pembuang, dr M Abdul Nasir mengatakan, salah satunya melalui program Pelayan Ujang dan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Itu sudah terintegrasi di beberapa unit kerja, seperti instalasi farmasi, radiologi, dan laboratorium.

Saat ini, instalasi farmasi telah menggunakan layanan resep elektronik (e-resep) yang bertujuan mengurangi penggunaan kertas, kesalahan membaca resep, dan agar stok obat dapat terdokumen dengan baik.

“Di instalasi ini juga kita terapkan e-oksigen dengan layanan ini. Sehingga, permintaan oksigen dapat terdokumentasi, dan petugas dapat memantau persediaan oksigen di setiap ruangan,” kata Abdul Nasir, Rabu, 20 November 2019.

Selanjutnya, penerapan e-Rad di instalasi radiologi. Tujuannya, biaya cetak film dapat dikurangi, karena hasil radiologi dicetak menggunakan keping CD. Selain itu, hasil radiologi langsung terintegrasi ke bangsal rawat inap untuk membantu diagnosa lebih cepat.

Lalu di instalasi laboratorium diterapkan e-Lab. Sehingga, permintaan pemeriksaan lab semula menggunakan kertas berubah menjadi elektronik. Hasil pemeriksaan juga terintegrasi langsung ke setiap ruangan hingga riwayat pemeriksaan pasien terdokumentasi dengan baik. (MAGANG 2/B-11)

Berita Terbaru