Gangguan Jiwa Salah Satu Masalah Kesehatan Utama

  • Oleh Uriutu
  • 20 November 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Asisten I Setda Barito Selatan, Jumadi menyebutkan gangguan jiwa merupakan satu dari empat masalah kesehatan utama di berbagai negara maju.

Itu disampaikannya saat membuka sosialisasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat atau TPKJM, di aula Bappeda Barito Selatan, Rabu, 20 November 2019.

Jumadi mengatakan keempat masalah kesehatan utama tersebut yakni penyakit degeneratif, kanker, gangguan jiwa, dan kecelakaan.

“Meski gangguan jiwa tidak dianggap menyebabkan kematian secara langsung, namun beratnya gangguan tersebut bisa menghambat pembangunan,” kata Jumadi.

Menurutnya, kejiwaan merupakan bagian dari kesehatan secara menyeluruh. Masyarakat harus bisa memenuhi perasaan bahagia, sehat, serta mampu menangani tantangan hidup.

Secara medis, lanjut dia, kesehatan jiwa merupakan suatu kondisi yang memungkinkan untuk perkembangan fisik, intelektual, dan emosional yang optimal.

“Namun himpitan hidup semakin berat bisa membuat seseorang mengalami gangguan kejiwaan,” ucap dia.

Dia menambahkan, melalui kegiatan sosialisasi ini menunjukkan peran dinas kesehatan semakin besar. Sebab, berdasarkan data, penderita gangguan jiwa di Barsel cukup banyak.

“Kita berharap orang yang mengalami gangguan jiwa di Barsel bisa ditangani sebaik mungkin,” tegas Jumadi. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru