Tim Setjen Wantannas Terima Berbagai Masukan terkait Penanganan Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 November 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berbagai masukan tentang penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) didapatkan tim Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Pertahanan Nasional (Wantannas) dalam kunjungannya ke Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu, 20 November 2019.

Deputi Sistem Nasional Mayjen TNI Afanti S Uloli, menjelaskan, di antara masukan yang diterima, ada satu hal yang dianggap menarik.

"Saat pertemuan dengan forkopimda, dari Pemkab Kobar menyampaikan setiap terjadi karhutla di sekitar atau di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) Kobar yang terkesan palimg disalahkan," jelas Afanti.

Padahal, walau keberadaan taman nasional di Kabupaten Kobar, namun tetap saja statusnya merupakan kewenangan dari pemerintah pusat.

"Satu sisi selama ini daerah selalu disalahkan. Namun pemerintah pusat tidak ada bantuan apapun bagi pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya karhutla khususnya di sekitar dan kawasan taman nasional," jelas Afanti.

Karena itulah, Afanti mengatakan, seharusnya pemerintah pusat juga menyediakan angggaran khusus bagi daerah untuk pencegahan kebakaran di sekitar atau wilayah taman nasional.

"Masukan tersebut nantinya akan kami sampaikan kepada Ketua Wantannas dan didiskusikan bersama para pakar. Hasilnya diskusi nantinya akan kita sampaikan sebagai rumusan dan pertimbangan, terkait pencegahan dan penanganan karhutla ke depannya," jelas Afanti. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru