SMA Negeri I Kuala Pembuang Miliki Sanggar Tari Panunjung Tarung

  • Oleh Magang 2
  • 20 November 2019 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang SMA Negeri I Kuala Pembuang saat ini memiliki sanggar tari bernama Panunjung Tarung. Ketekunan berlatih para anggota telah menghantar sanggar ini juara II tari tingkat Provinsi Kalteng.

Pimpinan sanggar Junita Priyana mengatakan, di sanggar ini ada salah satu tarian yang menjadi andalan, yakni Tari Bahalai atau Tari Selendang Bawi yang merupakan satu jenis tari tradisional Dayak Kalimantan Tengah.

 “Dalam pertunjukan menggunakan selendang atau bahalai. Tarian ini dilakukan oleh  beberapa orang wanita suku Dayak yang cantik jelita. Tarian ini biasanya dilakukan ketika ada acara besar,” kata Junita Priyana, Rabu, 20 november 2019.

Tari Selendang Bawi biasanya tampil pada pesta keramaian dan menyambut tamu yang dihormati oleh kalangan masyarakat setempat. 

 Dengan dipadukan iringan musik tradisional suku Dayak, serta dipadukan dengan gerak tari yang lemah gemulai, tersirat makna bahwa tarian ini menggambarkan keseriusan, ketulusan serta kelemah lembutan para wanita suku Dayak dalam kehidupannya sehari-hari.

 “Pada saat acara penyambutan Kapolres Seruyan yang baru, kami juga dipercaya tampil menyambut beliau dengan penampilan Tari Selendang Bawi yang semuanya merupakan pelajar SMA Negeri I Kuala Pembuang,” tandasnya. (MAGANG 2/m)

 

Berita Terbaru